Home » » Jenis-Jenis Bahan Ajar Noncetak (Penjelasan Terlengkap)

Jenis-Jenis Bahan Ajar Noncetak (Penjelasan Terlengkap)

Jenis-Jenis Bahan Ajar Noncetak
Jenis-Jenis Bahan Ajar Noncetak - Akhir-akhir ini, berbagai jenis-jenis bahan ajar noncetak untuk keperluan program pembelajaran tersedia di pasaran dalam jumlah yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Di antara jenis-jenis bahan ajar noncetak ini adalah audio, video dan komputer.

1. Audio

Guru dapat memanfaatkan program audio sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran. Yang termasuk kategori program audio adalah semua sistem yang menggunakan sinyal radio secara langsung yang dapat dimainkan atau didengar oleh seseorang atau sekelompok orang. Namun, guru kadang memandang remeh kontribusi suara, musik dan kata-kata yang diucapkan dalam proses pembelajaran. Suara, musik dan kata-kata dapat digunakan untuk pengajaran langsung, terutama untuk pengajaran bahasa. Salah satu contoh program audio misalnya adalah siaran radio.

Siaran radio dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran dan mampu menjangkau jumlah siswa yang banyak dan tersebar. Di samping siaran radio, contoh lain program audio adalah kaset audio. Kaset audio ini lebih menguntungkan dibanding siaran radio, karena dapat direkam dan digunakan siswa kapan dan di mana pun mereka berada. Siswa juga dapat mengontrol pemanfaatan kaset audio ini secara mandiri.

2. Video

Video dan televisi merupakan bahan ajar noncetak yang kaya informasi dan lugas untuk dimanfaatkan dalam program pembelajaran, karena dapat sampai ke hadapan siswa secara langsung. Di samping itu, video menambah suatu dimensi baru terhadap pembelajaran. Siswa dapat menemukan gambar di bahan ajar cetak dan suara dari program audio, tapi video dapat memberikan gambar bergerak kepada siswa, di samping suara yang menyertainya. Sehingga, siswa merasa seperti berada di suatu tempat yang sama dengan program yang ditayangkan video.

Yang termasuk kategori video adalah segala sesuatu yang memungkinkan sinyal audio dapat dikombinasikan dengan gambar bergerak secara sekuensial. Contoh program video ini antara lain adalah kaset video dan siaran televisi.

Program video dapat dimanfaatkan dalam program pembelajaran, di antaranya dapat memberikan pengalaman yang tidak terduga kepada siswa dengan cara memperagakan proses sirkulasi darah yang sangat kompleks misalnya, atau dapat melihat dengan nyata sesuatu yang pada awalnya tidak mungkin dapat dilihat. Program video dapat dikombinasikan dengan animasi dan pengaturan kecepatan untuk mendemonstrasikan perubahan dari waktu ke waktu, atau mempresentasikan studi kasus tentang kehidupan sebenarnya yang dapat memicu diskusi siswa.

Manfaat dari program video di antaranya adalah dapat:

  • Menunjukkan cara menggunakan alat atau perkakas
  • Memperagakan keterampilan yang akan dipelajari
  • Menunjukkan tahapan prosedur
  • Menghadirkan penampilan drama atau musik
  • Menganalis perubahan dalam periode waktu tertentu
  • Menyampaikan objek tiga dimensi
  • Memperlihatkan diskusi atau interaksi antardua atau lebih orang
  • Memberikan pengalaman kepada siswa untuk merasakan suatu keadaan tertentu, misalnya keadaan di cockpit pesawat terbang

3. Komputer

Penggunaan komputer untuk program pembelajaran terus meningkat akhir-akhir ini. Pemanfaatan komputer untuk program pembelajaran dapat langsung dioperasikan oleh siswa secara langsung atau terkoneksi dengan komputer lain.

Yang termasuk program komputer untuk pembelajaran adalah berbagai jenis bahan ajar noncetak yang membutuhkan komputer untuk menayangkan sesuatu untuk belajar.

Komputer yang digunakan siswa dalam proses pembelajaran biasanya berbentuk stand alone atau komputer terminal yang terkait dengan komputer utama. Jaringan kerja komputer dapat memungkinkan siswa untuk akses ke data base dari jarak jauh. Selain itu, memungkinkan mereka juga untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya dengan menggunakan e-mail atau computer conferencing. Informasi dalam bentuk kata-kata, suara, gambar dan animasi, sekarang tersedia untuk siswa dalam bentuk CD-ROM yang dihubungkan dengan personal computer (PC).

(Referensi: Pengembangan Bahan Ajar, Ida Malati Sadjati, M. Ed.)
Thanks for reading Jenis-Jenis Bahan Ajar Noncetak (Penjelasan Terlengkap)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment