Home » » Contoh Penerapan Strategi Pembelajaran CTL (Penjelasan Terlengkap)

Contoh Penerapan Strategi Pembelajaran CTL (Penjelasan Terlengkap)

contoh penerapan strategi pembelajaran CTL
Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.

Untuk lebih memahami bagaimana mengaplikasikan CTL dalam proses pembelajaran, di bawah ini disajikan contoh penerapannya. Berikut adalah contoh penerapan strategi pembelajaran CTL:

Contoh Penerapan Strategi Pembelajaran CTL

Misalkan pada suatu hari guru akan membelajarkan anak tentang fungsi pasar. Kompetensi yang harus dicapai adalah kemampuan anak untuk memahami fungsi dan jenis pasar. Untuk mencapai kompetensi tersebut dirumuskan beberapa indikator hasil belajar:

  1. siswa dapat menjelaskan pengertian pasar
  2. siswa dapat menjelaskan jenis-jenis pasar
  3. siswa dapat menjelaskan perbedaan karakteristik antara pasar tradisional dengan pasar non-tradisional (misalnya swalayan atau mal)
  4. siswa dapat menyimpulkan tentang fungsi pasar
  5. siswa bisa membuat karangan yang ada kaitannya dengan pasar

Untuk mencapai kompetensi yang sama dengan menggunakan CTL, guru harus menerapkan langkah-langkah pembelajaran seperti di bawah ini:

a. Pendahuluan

1. Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai serta manfaat dari proses pembelajaran dan pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari
2. Guru menjelaskan prosedur pembelajaran CTL:

  • siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa
  • tiap kelompok ditugaskan untuk melakukan observasi; misalnya kelompok 1 dan 2 melakukan observasi ke pasar tradisional, dan kelompok 3 dan 4 melakukan observasi ke pasar swalayan
  • melalui observasi siswa ditugaskan untuk mencatat berbagai hal yang ditemukan di pasar-pasar tersebut

3. Guru melakukan tanya jawab sekitar tugas yang harus dikerjakan oleh setiap siswa.

b. Inti

Di lapangan


  1. Siswa melakukan observasi ke pasar sesuai dengan pembagian tugas kelompok
  2. Siswa mencatat hal-hal yang mereka temukan di pasar sesuai dengan alat observasi yang telah mereka tentukan sebelumnya

Di dalam kelas


  1. Siswa mendiskusikan hasil temuan mereka sesuai dengan kelompoknya masing-masing
  2. Siswa melaporkan hasil diskusi
  3. Setiap kelompok menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh kelompok yang lain

Penutup


  1. Dengan bantuan guru, siswa menyimpulkan hasil observasi sekitar masalah pasar sesuai dengan indikator hasil belajar yang harus dicapai
  2. Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan tentang pengalaman belajar mereka dengan tema “pasar”.

Apa yang dapat Anda tangkap dari pembelajaran dengan menggunakan CTL? Ya, pada CTL untuk mendapatkan kemampuan pemahaman konsep, anak mengalami langsung dalam kehidupan nyata di masyarakat. Kelas bukanlah tempat untuk mencatat atau menerima informasi dari guru, akan tetapi kelas digunakan untuk saling membelajarkan. Untuk itu ada beberapa catatan dalam penerapan CTL sebagai suatu strategi pembelajaran, yaitu sebagai berikut:

  1. CTL adalah model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental
  2. CTL memandang bahwa belajar bukal menghafal, akan tetapi proses berpengalaman dalam kehidupan nyata
  3. Kelas dalam pembelajaran CTL bukan sebagai tempat untuk memperoleh informasi, akan tetapi sebagai tempat untuk menguji data hasil temuan mereka di lapangan
  4. Materi pelajaran ditemukan oleh siswa sendiri, bukan hasil pemberian dari orang lain.

Referensi: Strategi Pembelajaran, Dr. Wina Sanjaya
Thanks for reading Contoh Penerapan Strategi Pembelajaran CTL (Penjelasan Terlengkap)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment