Home » » Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Individual Dan Kelompok (Penjelasan Terlengkap)

Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Individual Dan Kelompok (Penjelasan Terlengkap)

Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Individual dan Kelompok
Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Individual Dan Kelompok - Bagaimana peran bahan ajar dalam pembelajaran individual dan kelompok? Simak penjelasan di bawah ini.

Peran bahan ajar dalam pembelajaran individual

Pembelajaran individual ditandai dengan metode pembelajaran yang lebih menekankan pada aktivitas siswa dibandingkan guru (learner centered vs teacher centered). Metode pembelajaran individual dirancang untuk kebutuhan masing-masing siswa secara individual, yang berbeda cara dan kecepatan belajar siswa yang satu dengan yang lain. Pembelajaran individual ini dapat berupa text based seperti yang biasa dipakai dalam corespondence study sampai dengan cara terbaru yang menggunakan A/V dan computer based.

Dalam pembelajaran individual ini, guru berperan sebagai produser dan atau manajer dari sumber belajar atau sebagai tutor atau pembimbing belajar siswa. Di lain pihak, bahan ajar berperan sangat beragam tergantung dari metode pembelajaran individual yang dipakai.

Peran bahan ajar dalam pembelajaran individual lebih bersifat sebagai bahan utama dan sangat menentukan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan bahan ajar individual/mandiri ini tidak berisi informasi tentang hal-hal yang harus dipelajari siswa, namun jufa harus tersusun dengan baik dan mampu mengontrol kegiatan belajar siswa. Oleh sebab itu, bahan ajar untuk pembelajaran individual harus dirancang dan dikembangkan dengan sangat hati-hati dibanding dengan bahan ajar yang berperan sebagai penunjang saja.

Pengalaman menunjukkan bahwa untuk mengembangkan bahan ajar untuk pembelajaran individual ini diperlukan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan pengembangan bahan ajar untuk jenis pembelajaran lainnya. Hal tersebut dikarenakan bahan ajar individual atau mandiri harus dikembangkan menurut kaidah-kaidah tertentu, seperti harus bersifat mampu membelajarkan siswa secara mandiri, berisi semua materi pelajaran secara lengkap, berdiri sendiri, tidak tergantung pada bahan atau materi pelajaran lainnya serta dikemas dalam bentuk yang terlepas-lepas sehingga memudahkan siswa untuk menentukan sendiri materi pelajaran mana yang akan dipelajarinya terlebih dahulu serta memudahkan untuk dibawa ke mana-mana.

Dalam pembelajaran individual, bahan ajar dapat berperan sebagai:

  1. Media utama dalam proses pembelajaran, misalnya bahan ajar cetak, atau bahan ajar cetak yang dilengkapi dengan program audio visual maupun komputer
  2. Alat yang digunakan untuk menyusun dan mengawasi proses siswa memperoleh informasi
  3. Penunjang media pembelajaran individual lainnya, misalnya siaran radio, siaran televisi dan lain-lain

Bahan ajar yang sering dimanfaatkan untuk pembelajaran individual ini antara lain adalah bermacam-macam bahan cetak dan noncetak, seperti materi pokok, panduan belajar siswa, catatan terstruktur, materi teks terpogram, program audio, program video, program audio video, program komputer dan lain-lain.

Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Kelompok

Metode pembelajaran kelompok didasarkan pada humanistic psycology yang menekankan pada cara orang berinteraksi dalam kelompok kecil dengan menggunakan pendekatan dinamika kelompok. Ketika metode ini digunakan dalam situasi pembelajaran, pada umumnya metode ini tidak membutuhkan perangkat keras yang dirancang khusus, dan dalam beberapa hal sangat sedikit membutuhkan bahan ajar dalam bentuk tertulis seperti booklet, lembar panduan diskusi, buku kerja dan lain-lain. Penekanannya justru diletakkan pada pendekatan dan teknik yang digunakan daripada perangkat keras dan bahan belajarnya.

Peran guru dalam pembelajaran kelompok ini adalah sebagai pengelola proses pembelajaran dan fasilitator. Adapun peran bahan ajar lebih bersifat sebagai bahan yang terintegrasi dengan proses belajar kelompok, dengan cara memberikan informasi tentang latar belakang materi, informasi tentang peran orang-orang yang terlibat dalam belajar kelompok, serta petunjuk tentang proses pembelajaran kelompoknya sendiri. Di samping itu, bahan ajar juga digunakan sebagai bahan pendukung bahan belajar utama serta dirancang sedemikian rupa sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Bahan ajar yang biasa digunakan untuk pembelajaran kelompok ini bermacam-macam bahan ajar cetak beserta duplikatnya yang berkaitan langsung dengan cara belajar berkelompok ini. Contohnya bahan ajar yang berisi tentang daftar bahan bacaan, lembar pembelajaran, lembar data, paket bahan belajar kelompok, yang di dalamnya berisi bahan ajar cetak, kaset audio/video dan lain-lain.

(Referensi: Pengembangan Bahan Ajar, Ida Malati Sadjati, M. Ed.)
Thanks for reading Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Individual Dan Kelompok (Penjelasan Terlengkap)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment