Home » » Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Terlengkap

pengertian pendidikan menurut para ahli
Setiap manusia pasti pernah mengalami sebuah proses pendidikan. Seringkali manusia dalam menempuh pendidikan, makna dan hakikat pendidikan yang sebenarnya terlupakan. Hal ini terjadi karena manusia memandang pendidikan sebagai kewajiban yang harus ditempuh, bukan sebagai kebutuhan. Pada akhirnya kegiatan pendidikan hanya menjadi rutinitas saja. Dalam pembahasan kali ini, saya akan membahas tentang pengertian pendidikan menurut para ahli.

Pengertian Pendidikan

Membicarakan tentang pendidikan alangkah lebih baiknya kita mengetahui pengertian pendidikan terlebih dahulu. Istilah pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berasal dari kata dasar “didik” (mendidik). Prof. Brodjonegoro menyebutkan beberapa istilah pendidikan diantaranya: paedagogiek (ilmu menuntun anak), opvoeding (membesarkan), panggulawentah (mengubah), educare (melatih atau mengajarkan) dan ezhicung (membangkitkan atau mengaktifkan).

Berdasarkan istilah-istilah tersebut, kemudian Prof. Brodjonegoro menerjemahkan pendidikan sebagai tuntunan kepada pertumbuhan manusia mulai lahir sampai tercapainya kedewasaan secara jasmani dan rohani agar dapat memenuhi sendiri tugas hidupnya.

Berikutnya akan dikemukakan pengertian pendidikan menurut para ahli:

1. Prof. Richey

Pendidikan adalah suatu aktivitas sosial yang esensial yang memungkinkan masyarakat yang kompleks. Dalam masyarakat modern, fungsi pendidikan ini mengalami proses spesialisasi dan melembaga dengan pendidikan formal, tetapi masih berhubungan dengan proses pendidikan informal di luar sekolah.

2. Prof. Lodge

Kata pendidikan kadang-kadang dipakai dalam pengertian yang luas dan pengertian sempit. Dalam pengertian luas, semua pengalaman dapat dikatakan sebagai pendidikan. Sedangkan dalam pengertian sempit, pendidikan dibatasi pada fungsi tertentu di dalam masyarakat yang terdiri atas penyerahan adat istiadat (tradisi) dengan latar belakang sosialnya, pandangan hidup masyarakat itu kepada warga generasi berikutnya, dan demikian seterusnya.

3. Brubacher

Pendidikan diartikan sebagai proses timbal balik dari setiap pribadi manusia dalam penyesuaian dirinya dengan alam (lingkungan), dengan teman dan alam semesta. Brubacher juga memberikan pengertian lain mengenai pendidikan.

Pendidikan merupakan perkembangan yang terorganisasi dan kelengkapan dari semua potensi manusiawi, moral, intelektual dan jasmani (panca indera), oleh dan untuk kepribadian individualnya serta kegunaan masyarakatnya yang diarahkan demi menghimpun semua aktivitas tersebut bagi tujuan hidupnya.

Pendidikan adalah proses terkait dengan potensi (kemampuan, kapasitas) manusia yang mudah dipengaruhi oleh kebiasaan, supaya disempurnakan dengan kebiasaan baik, melalui media yang disusun dan dikelola sedemikian rupa oleh manusia untuk menolong orang lain atau dirinya sendiri dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.

4. Ki Hajar Dewantara

Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan perkembangan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek) dan jasmani anak-anak. Maksud dari pernyataan tersebut adalah supaya kita dapat memajukan kesempurnaan hidup, yaitu kehidupan dan penghidupan anak-anak, selaras dengan alamnya dan masyarakatnya.

5. M. J. Langeveld dan Prof. Idrak Jassin

Mendidik adalah memberi pertolongan secara sadar dan sengaja kepada seorang anak (yang belum dewasa) dalam pertumbuhan menuju ke arah kedewasaan dalama artian dapat berdiri sendiri dan bertanggung jawab susila atas segala tindakannya menurut pilihannya sendiri.

6. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuaran spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Berdasarkan pengertian pendidikan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pendidikan adalah segala kegiatan yang dilakukan secara sadar berupa pembinaan (pengajaran) pikiran dan jasmani anak didik berlangsung sepanjang hayat untuk meningkatkan kepribadiannya agara dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang selaras dengan alam dan masyarakat.

Referensi: Pengantar Pendidikan, Nanang Purwanto, M. Pd.

Thanks for reading Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Terlengkap

« Previous
« Prev Post
Oldest

0 komentar:

Post a Comment