sasaran pendidikan luar sekolah |
Sasaran Pendidikan Luar Sekolah
1. Para buruh dan petani
Merupakan golongan terbesar dari masyarakat, mereka dengan pendidikan yang sangat rendah atau bahkan tanpa pendidikan sama sekali. Pada umumnya mereka hidup dalam suasana tradisional dan kebiasaan hidup yang masih belum maju. Mereka inilah terutama yang membutuhkan program baca tulis secara fungsional (fungtional literacy).Program pendidikan yang harus diberikan kepada mereka adalah:
- yang bisa atau mampu menolong meningkatkan produktivitas mereka dengan cara mengajarkan berbagai keterampilan dan metode baru terutama seperti bertani atau sejenisnya. Dengan demikian diharapkan memungkinkan mereka meningkatkan hasil pekerjaannya.
- yang mampu mendidik mereka agar bisa memenuhi kewajiban sebagai warga negara dan sebagai kepala keluarga yang baik, sehingga mereka menyadari bahwa pendidikan bagi anak-anak mereka adalah sangat penting.
- yang mendidik mereka bagaimana memanfaatkan waktu senggang secara efektif, terutama dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta produktif, sehingga hidupnya lebih berarti.
2. Para remaja putus sekolah
Golongan remaja yang menganggur karena tidak mendapatkan pendidikan keterampilan atau under employed, disebabkan kurangnya bakat dan kemampuannya, memerlukan pendidikan vokasional yang khusus. Dalam upaya perkembangan pribadinya, mereka perlu diberi pendidikan kultural dan kegiatan-kegiatan yang rekreatif, serta pendidikan yang bersifat remedial. Pendidikan ini harus dapat menarik, merangsang dan relevan dengan kebutuhan hidupnya.3. Para pekerja yang berketerampilan
Agar mampu menghadapi berbagai tantangan yang menghadang hari depan mereka, program pendidikan yang diberikan kepada mereka hendaknya yang bersifat kejuruan dan teknik, yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka miliki.Bagi golongan pekerja yang berketerampilan ini, program pendidilan yang akan diberikan kepada mereka harus mengandung minimal dua tujuan, yaitu:
- dapat menyelamatkan mereka dari bahaya keuangan, pengetahun dan keterampilan yang mereka miliki
- akan membuka jalan bagi mereka untuk naik jenjang dalam promosi kedudukan yang lebih baik.
4. Golongan teknisi dan profesional
Mereka umumnya menduduki posisi-posisi penting dalam masyarakat, karena itu kemajuan masyarakat banyak tergantung pada golongan ini. Agar mereka tetap berperan dalam masyarakatnya, maka mereka harus senantiasa memperbaharui dan menambah pengetahuan dan keterampilannya.5. Para pemimpin masyarakat
Golongan ini termasuk para pemimpin politisi, agama, sosial dan sebagainya. Mereka dituntut untuk mampu mensintesiskan pengetahuan dari berbagai macam profesi atau keahlian, dan selalu memperbaharui sikap-sikap dan gagasan yang sesuai dengan kemajuan dan pembangunan. Biasanya pengetahuan tersebut tidak pernah mereka peroleh dari pendidikan formal atau jalur sekolah.6. Anggota masyarakat yang sudah tua
Disebabkan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak pengetahuan yang belum mereka ketahui pada waktu masih muda, karena itulah pendidikan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi mereka, meskipun kalau dilihat dari segi materi tidak banyak menguntungkan.Jumlah mereka makin lama makin bertambah besar, seiring dengan mkin bertambah panjangnya usia harapan hidup rata-rata manusia, disebabkan lebih baiknya kesehatan.
Itulah beberapa sasaran pendidikan luar sekolah, di mana yang menjadi sasaran adalah sangat luas, yaitu segala lapisan yang ada di masyarakat, meskipun bentuk dan program pendidikan yang diberikan tentu saja sangat beragam dan bervariasi.
Referensi: Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Hasbullah
(baca juga: pengertian dan ciri-ciri Pendidikan Luar Sekolah (PLS))
0 komentar:
Post a Comment