Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) |
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dunia pendidikan dapat dilaksanakan oleh guru atau dosen dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan keterampilan profesional sebagai pendidik. Guru atau dosen bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas secara ilmiah (rasional, sistematis dan empiris). Kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) dapat menjadikan guru atau dosen yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran di kelas, yang orientasinya meningkatkan mutu atau kualitas proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu, kemampuan guru atau dosen untuk meneliti kegiatan pembelajaran di kelas, dapat meningkatkan profesinya sebagai pendidik.
Berikut merupakan pengertian penelitian tindakan kelas (PTK):
Pengertian penelitian tindakan kelas (PTK)
Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan bagian dari penelitian tindakan (action research) yang dilakukan oleh guru dan dosen di kelas (sekolah dan perguruan tinggi tempat ia mengajar yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran di kelas.Penelitian tindakan kelas merupakan suatu kegiatan ilmiah yang terdiri dari penelitian + tindakan + kelas.
- Penelitian merupakan kegiatan mencermati suatu objek, menggunakan aturan metodologi untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti
- Tindakan merupakan suatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan
- Kelas merupakan sekelompok peserta didik yang sama dan menerima pelajaran yang sama dari seorang guru
Suharsimi Arikunto (2006) menyatakan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan.
Hopkins (1993) mengartikan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk membantu seseorang dalam mengatasi secara praktis persoalan yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial dan ilmu pendidikan dengan kerjasama dalam kerangka etika yang disepakati bersama.
Hopkins menjelaskan penelitian tindakan kelas (PTK) adalah kajian yang sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktik pendidikan oleh sekelompok guru dalam melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut.
Kunandar (2008), penelitian tindakan (action research) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) yang bertujuan untuk memperbaiki/meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelasnya.
Berbagai pengertian dari para pakar, dapat penulis ringkaskan bahwa, penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu kegiatan penelitian ilmiah yang dilakukan secara rasional, sistematis dan empiris reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru atau dosen (tenaga pendidik), kolaborasi (tim peneliti) yang sekaligus sebagai peneliti, sejak disusunnya suatu perencanaan sampai penilaian terhadap tindakan nyata di dalam kelas yang berupa kegiatan belajar-mengajar, untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi pembelajaran yang dilakukan.
Sementara itu, dilaksanakannya penelitian tindakan kelas (PTK) di antaranya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan atau pengajaran yang diselenggarakan oleh guru dan dosen/pengaja-peneliti itu sendiri, yang dampaknya diharapkan tidak ada lagi permasalahan yang mengganjal dalam proses pembelajaran di kelas.
(Referensi: Penelitian Tindakan Kelas, Dr. Iskandar, M. Pd.)
0 komentar:
Post a Comment